Semakin tingginya tuntutan perubahan di lingkungan perguruan tinggi meniscayakan kebijakan-kebijakan strategis yang dapat mendukung tercapai dan terlestarikannya keunggulan kompetitif perguruan tinggi, tidak terkecuali di tingkat Program Studi. Di tingkat Program Studi, orientasi pendidikan berbasis luaran (outcome-based education) juga telah menuntut hadirnya ekosistem pembelajaran yang selain terukur, juga semakin berkualitas seiring waktu.
Tujuan penyelenggaraan Program Studi lazimnya adalah menghasilkan profil lulusan yang berkesesuaian dengan atribut kualitas yang telah dirumuskan di kurikulum. Untuk mencapai itu, berbagai komponen pendukung perlu dikembangkan dan digerakkan secara bersamaan, salah satunya melalui peningkatan kualitas pembelajaran dengan berbasikan luaran. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran sendiri tidak bisa dilepaskan dari berbagai komponen yang terlibat selama proses pembelajaran, seperti dosen, bahan ajar, metode pembelajaran, dan termasuk mahasiswa.
Oleh karena itu, upaya untuk menghadirkan proses pembelajaran yang berkualitas salah satunya dapat dilakukan dengan memberikan ruang kepada dosen untuk berkreasi dan berinovasi, baik untuk kepentingan peningkatan kualitas bahan ajar ataupun peningkatan metode pembelajaran. Tujuan akhirnya tentu saja adalah agar proses pembelajaran dapat lebih kaya dan mampu menghadirkan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa.
Skema | Tujuan |
---|---|
Penyelarasan Mata Kuliah Paralel | Menghasilkan seperangkat rancangan, materi, dan asesmen pembelajaran terstandarisasi pada mata kuliah paralel yang diampu oleh lebih dari 1 (satu) dosen, yang luarannya dapat dipergunakan sebagai alat pembelajaran bersama. |
Joint-learning dengan Mitra Internasional | Menghasikan rangkaian proses pembelajaran yang berstandarisasi internasional dengan melibatkan pertukuran pembelajaran inbound atau resiprokal dengan mitra internasional |
Skema Joint-learning dengan Mitra Industri | Menghasilkan rangkaian proses pembelajaran yang berorientasi pembekalan praktik bisnis dan manajemen, yang dalam pelaksanaannya melibatkan praktisi di lingkup nasional maupun internasional. |
Skema Pengembangan Pembelajaran Kreatif | Menghasilkan desain inovatif pada metode, proses, dan/atau luaran pembelajaran yang bertujuan utama meningkatkan motivasi, sikap, kepuasan, dan capaian pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah. |
Skema Massive Open Online Course (English/Indonesia) | Menghasilkan seperangkat desain pembelajaran terbuka pada topik atau mata kuliah tertentu, yang luarannya ditawarkan dalam bentuk Massive Open Online Course (MOOC) di platform terbuka internal atau eksternal (contoh Coursera, Udemy, dll). |
Informasi lebih terinci bisa dilihat di Pedoman Teknis Hibah Inovasi Pembelajaran (login dengan email uii)