SEJARAH

Fakultas Ekonomi

Peningkatan Status Akreditasi

Kemajuan yang dicapai oleh Fakultas Ekonomi adalah mendapat Status Akreditasi berdasarkan Sertifikat Akreditasi dan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Nomor 007932/Ak-1.1/UIIMAN/VIII/1998, dan 00793/Ak-1.1/ UIIMAN/VIII/1998, tanggal 11 Agustus 1998 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen Perusahaan, bahwa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII terakreditasi dengan Peringkat B (Baik) dan Program Studi Manajemen Perusahaan terakreditasi dengan Peringkat A (Baik Sekali).

Kemudian Jurusan Ekonomi Pembangunan, yang pada awalnya baru memperoleh Status TERDAFTAR pada tanggal 21 Februari 1991, dan Status DIAKUI pada tanggal 9 Juli 1994, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Nomor: 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998, tanggal 22 Desember 1998 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, memperoleh akreditasi dengan Peringkat A (Baik Sekali)

Pembukaan Kelas Internasional

Pada tahun akademik 1996/1997 Fakultas Ekonomi membuka Program Internasional bekerjasama dengan Univer

sity of Wollonggong Australia. Pembukaan Program Magister Manajemen.

Universitas Islam Indonesia mulai tahun akademik 1993/ 1994, berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 47/D/ 0/1993, menyelenggarakan Program Pascasarjana untuk kategori pendidikan profesional jenjang S2 Program Studi Mag ister Manajemen bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

V I S I

Menjadikan Progam Studi Manajemen sebagai tujuan calon mahasiswa dalam memperdalam ilmu dan seni manajemen, baik pada lingkup nasional maupun internasional dengan melandaskan pada nilai rahmatan lil’alamin, nilai Islam dan nilai kesempurnaan.

M I S I

Pada tahun 2025, Prodi Manajemen mampu berkiprah bersama-sama dengan program studi Manajemen lain yang telah maju di kawasan Asia Tenggara dengan mengandalkan pada keunggulan isi dan proses belajar mengajar yang didukung oleh kelengkapan fasilitas penunjang.

TUJUAN

Tujuan Program Studi adalah menghasilkan lulusan yang dipersiapkan untuk berperan sebagai manajer tingkat pertama, wirausaha mikro dan kecil, atau akademisi.

Lulusan program studi tidak saja sekedar mengetahui ilmu manajemen dengan baik akan tetapi juga memahami dan mempraktekannya sebagai ilmu yang dapat memberikan manfaat yang barokah bagi dirinya dan bagi kehidupan masyarajak dengan tujuan mewujudkan rahmatan lil alamin.

Lulusan program studi adalah seorang pemimpin berperspektif global, wirausahawan berbakat, pemikir stratejik, dan penyelesai masalah. Lulusan tersebut memiliki sifat dewasa (mature), profesional (professional), bijak (wisdom), dan sederhana (humble).

PIMPINAN PROGRAM STUDI

Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana
ANJAR PRIYONO, SE., M.Si., Ph.D.
Telp: +62-274-881546 ext. 2102 E-mail: [email protected]

Sekretaris Program Studi Manajemen Program Sarjana
Dra. SUHARTINI, M.Si.
Telp: +62-274-881546 ext. 2103 E-mail: [email protected]

Sekretaris Program Studi Manajemen Program Internasional 
ARIF SINGAPURWOKO, SE., MBA.
Telp: +62-274-881546 ext. 2103 E-mail: [email protected]