Selamat datang di situs web Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Manajemen adalah sebuah program studi di Fakultas Ekonomi yang telah berdiri sejak Universitas Islam Indonesia (UII) berdiri tahun 1945. Nama program studi memang telah berubah beberapa kali, disesuaikan dengan perkembangan ilmu manajemen dan ketentuan penamaan program studi oleh KEMENRISTEKDIKTI. Sebelum bernama ‘manajemen’, program studi bernama ‘manajemen perusahaan’. Mengingat bahwa cakupan yang dipelajari di program studi ini tidak hanya manajemen perusahaan tetapi manajemen organisasi secara umum, maka kata ‘perusahaan’ dihilangkan.

Program Studi Manajemen FE UII, mahasiswa dididik untuk memahami, menjalankan, dan mengembangkan ilmu dan praktek manajemen. Sebagai institusi Islam, kemampuan manajemen mahasiswa tersebut dilandasi dengan nilai-nilai ke-Islaman. Dengan berbekal kemampuan manajemen yang dilandasi nilai ke-Islaman, lulusan Program studi Manajemen FE UII dirancang akan berperan di masyarakat sebagai (a) manajer profesional yang bekerja di perusahaan nasional maupun multinasional, (b) wirausahawan inovatif yang jeli dan berani menangkap peluang bisnis, dan (c) ilmuwan manajemen yang memiliki kelengkapan dan kedalaman ilmu. Lewat ketiga kelompok profesi tersebut, Program Studi Manajemen FE UII ikut berkontribusi untuk mewujudkan visi UII sebagai rahmatan lil alamin lewat kiprah para alumninya.

Kurikulum di Program Studi Manajemen FE UII dikelompokkan menjadi dua yaitu; pertama, kelompok mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan kemampuan manajerial yang sifatnya umum. Mahasiswa memerlukan waktu dua tahun untuk menyelesaikan kelompok mata kuliah ini. Kedua, kelompok mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan spesialisasi di bidang tertentu dalam manajemen. Diperlukan waktu satu setengah tahun untuk menyelesaikan kelompok mata kuliah ini. Dengan demikian, dalam waktu tiga setengah tahun, mahasiswa sudah dapat menyelesaikan studi dengan menguasai manajemen umum dan satu spesialisasi di bidang manajemen. Spesialisasi yang ditawarkan saat ini adalah spesialisasi di bidang keuangan, bidang pemasaran, bidang manajemen sumberdaya manusia, dan bidang manajemen operasi.

Proses belajar mengajar di Program Studi Manajemen FE UII mengedepankan model pembelajaran berbasis mahasiswa, dimana dosen lebih banyak berperan sebagai motivator dan fasilitaror. Dengan menggunakan studi kasus dunia bisnis yang riil, mahasiswa diajak berdiskusi dan memutuskan permasalahan manajemen yang ada di praktek. Selain menggunakan kasus-kasus dunia bisnis, proses belajar mengajar juga dilengkapi dengan kandungan teknologi untuk pengambilan keputusan, perspektif global untuk pengembilan keputusan, serta kandungan nilai-nilai keislaman. Program Studi Manajemen FE UII berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak sekedar menguasai bidang manajemen tetapi juga memiliki karakter yang menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman.

 

Ketua Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia
Dr. Drs. Sutrisno, MM.